Kamis, 06 Mei 2010

POROS PROPELLER UNTUK PEMUTAR BALING-BALING

Poros propeler mirip tongkat panjang dari baja untuk memutar baling-baling....Dalam pemasangan kemudi yang tidak segaris dengan sumbu propeller terhadap kemampuan maneuvering kapal. Dari percobaan tersebut hanya dibahas interaksi antara peletakan kemudi dan lambung. Namun dalam penelitian ini dibahas interaksi antara propeller dan peletakan kemudi.

Permasalahan utama pergeseran letak kemudi adalah pada saat inspeksi terhadap poros propeller poros kemudi juga ikut dicopot karena letak kemudi yang segaris dengan sumbu poros propeller. Dengan adanya pergeseran ini pengaruh terhadap kemampuan maneuvering kapal juga ditinjau. Dari pergeseran letak kemudi akan dicari nilai gaya lift (gaya pada yang mengakibatkan kapal berbelok) paling besar terhadap variasi peletakan kemudi dan arah putaran propeller.

Dalam penelitian ini akan disimulasikan pergerakan aliran fluida menggunakan software yang berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD), untuk menganalisa pressure, gaya lift dan gaya drag yang terjadi rudder. Rudder akan divariasikan dalam berbagai jarak dan dimodifikasi dalam beberapa sudut gerak rudder. Dalam percobaan studi kasus propeller yang yang dipakai memiliki sudut 1,320 terhadap centerline kapal. Dari hasil simulasi yang telah dilakukan terlihat bahwa konfigurasi kemudi di sebelah luar propeller (outward) memiliki gaya lift (gaya untuk manuvering kapal) yang lebih besar dari pada peletakan kemudi di dua tempat yang lain (center dan inward)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar