PENANGANAN DAN PENGATURAN MUATAN
Angkutan laut masih diperlukan dan lebih menguntungkan dibandingkan angkutan lain. Alasannya :
1. Jangkauan luas
2. Mengangkut dalam jumlah besar/banyak
3. Lebih murah
Tiga kelompok yang berperan dalam angkutan laut:
1. SHIPPER
2. CARRIER
3. CONSIGNEE
Prinsip Penanganan dan Pengaturan Muatan
1. Melindungi kapal
2. Melindungi muatan
3. Memanfaatkan ruang muat semaksimal mungkim
4. Bongkar muat secara cepat, teratur dan sistematis
5. Melindungi ABK dan buruh
MELINDUNGI KAPAL
Untuk melindungi kapal, maka pembagian muatan diatur, sbb:
1.Pembagian muatan secara tegak
- Menyangkut stabilitas kapal
- Jika muatan terpusat pada bagian atas, maka kapal akan memiliki GM yang kecil dan kondisi
kapal akan langsar (tender)
- Jika muatan terpusat pada bagian bawah, maka kapal akan memiliki GM yang besar dan
kondisi kapal akan kaku (stiff)
2. Pembagian muatan secara melintang
- Menyangkut sengket
- Jika pembagian muatan tidak berimbang terhadap centre line maka kapal akan mengalami
kondisi senget atau miring (list)
3. Pembagian muatan secara membujur
- Menyangkut trim/sagging dan hogging
- Jika kapal memiliki sarat depan lebih besar dari sarat belakang, maka kondisi kapal akan
trim ke depan
- Jika kapal memiliki sarat belakang lebih besar dari sarat depan, maka kondisi kapal akan
trim ke belakang
- Jika muatan terpusat ditenggah-tenggah kapal, maka kapal akan mengalami sagging
- Jika muatan terpusat pada bagian kedua ujung-ujung maka kapal akan mengalami hogging
4. Pembagian muatan secara khusus pada Tween Deck
- Menyangkut kekuatan geladak (DLC)
- DLC (Deck Load Capacity)
Merupakan kemampuan sebuah geladak untuk menerima sejumlah muatan berat.
- DLC dinyatakan dalam : Ton/M2
MELINDUNGI MUATAN
Tanggung jawab pihak pengangkut terhadap keselamatan muatan berdasarkan :
- FROM SLING TO SLING
- FROM TACKLE TO TACKLE
Kerusakan muatan terjadi akibat :
1. Keringat kapal
2. Keringat muatan
3. Kebocoran
4. Pergesekan dengan kulit
5. Pergesekan dengan muatan lainnya
6. Penanganan muatan
7. Muatan lainnya
8. Penanggasan
9. Pencurian
Hal yang dilakukan untuk mencegah kerusakan :
1. Penggunaan penerapan
2. Pengikatan dan pengamanan
3. Pemberian ventilasi
4. Pemisahan muatan
5. Perencanaan yang prima
PEMANFAATAN RUANG MUAT SEMAKSIMAL MUNGKIN
- Menyangkut penguasaan ruang rugi (broken stowage)
- Broken Stowage adalah besarnya ruang muat yang tidak dapat dimanfaatkan untuk
pengaturan muatan
BONGKAR MUAT SECARA CEPAT, TERATUR DAN SISTEMATIS
- Menciptakan suatu proses kegiatan bongkar yang efisien dan efektif dalam penggunaan waktu
serta biaya
- Untuk mencapai suatu hasil yang maksimal maka hal-hal yang harus dicegah adalah
terjadinya :
1. Long Hatch
2. Over stowage
3. Over carriage
MELINDUNGI ABK DAN BURUH
- Menyangkut atas keselamatan jiwa ABK dan buruh
- Bahwa selama ABK dan buruh melaksanakan kegiatan senantiasa selalu terhindar dari segala
bentuk resiko-resiko yang mungkin terjadi yang berasal dari pelaksanaan bongkar muat
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar